Jumat, 28 Desember 2012

Seluruh Empat Pendaki UGM Selamat dari Merapi

Para pendaki sempat hilang komunikasi dan kehabisan logistik.

Empat mahasiswa UGM berhasil dievakuasi dari gunung Merapi (ANTARA/ Teresia May)

VIVAnews - Empat mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta, yang sempat hilang dalam pendakian gunung Merapi pada Jum'at 28 Desember sore, sudah berhasil dievakuasi. Para pendaki sempat hilang dalam kondisi kedinginan dan kehabisan logistik.
"Dua orang kami temukan dalam perjalanan turun, mereka bergerak dan sudah hampir mendekati Selo, Boyolali pada pukul 23.00 wib. Sedangkan yang dua orang lagi berhasil kami jemput di pos dua sekitar jam 03.00 pagi tadi," kata Brotoseno, Komandan Search And Rescue (SAR) Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Vivanews, Sabtu 29 Desember 2012.

Seno mengatakan tim SAR DIY dengan koordinasi SAR Boyolali, Jawa Tengah berhasil menemukan para survivor tersebut dalam kondisi lemas, letih serta kedinginan. Kemudian mereka langsung dievakuasi menuju Gelanggang mahasiwa UGM Yogyakarta dalam kondisi selamat.

Seno menambahkan dalam jangka waktu dua minggu terakhir sudah sembilan orang pendaki yang hilang di gunung Merapi. Menurut dia setiap gunung itu memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga diperlukan suatu kualifikasi  dan kesiapan yang berbeda pula dalam melakukan pendakian tersebut.

"Menurut saya siapapun yang hendak mendaki Merapi sebaiknya mengajak teman atau orang yang memiliki kualifikasi Merapi itu," kata dia.

Sementara itu, menjelang perayaan dan pergantian tahun baru mendatang pihaknya sudah siap untuk mengerahkan semua tim SAR jika diperlukan. (ren)


VIVA.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar