Senin, 08 Oktober 2012

Internasional Borneo Sumpit Tournament (IBoST) Kembali Digelar


Jumat, 5 Oktober 2012 bertempat di halaman Museum Kalimantan Barat Kota Pontianak, Walikota Pontianak, H. Sutarmidji, SH, M.Hum secara resmi membuka turnament sumpit berskala internasional, yang untuk kedua kalinya digelar, setelah sebelumnya pada tahun 2011 Kota Singkawang menjadi tuan rumah, pada tahun ini Kota Pontianak mendapat giliran.

Kegiatan yang menurut Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekononomi Kreatif bapak M. Farid sebagai kegiatan yang menggabungkan dua unsur yakni olahraga dan wisata ini juga merupakan suatu kegiatan dalam rangkaian peringatan hari jadi kota Pontianak ke 241 Tahun.

Internasional Borneo Sumpit Tournament (IboST) Kedua di Kota Pontianak ini dibuka dengan arak-arakan peserta dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kementrian Pariwisata dan Ekononomi Kreatif yang diwakili oleh Bapak M. Farid selaku Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekononomi Kreatif, sambutan dari Gubernur Kalimantan Barat yang dibacakan oleh Bapak Yusri Zainudin MT karena Bapak Gubernur berhalangan hadir sebab diwaktu yang sama melepas Calon Haji asal Kalimantan Barat di Embarkasi Batam, serta sambutan Walikota Pontianak, H. Sutarmidji, SH, M.Hum. 

Walikota Pontianak mencoba menyumpit
Dalam sambutannya Walikota Pontianak mengungkapkan bahwa potensi pariwisata Kalimantan Barat cukup besar, hal ini di tunjang dengan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak yang kian berkembang, dapat dilihat dari pesatnya industri perhotelan yang terus merambah Kota Pontianak, hal ini menunjukkan Kota Pontianak, dan Kalimantan Barat merupakan sebuah destinasi wisata yang cukup diminati. Walikota Pontianak juga mengungkapkan akan mengembangkan sumpit dengan memperkenalkan sumpit kepada anak-anak sekolah, sebab sumpit baik untuk melatih kesabaran anak-anak. Setelah memberikan kata sambutandan membuka secara resmi  Internasional Borneo Sumpit Tournament (IBoST) yang kedua Tahun 2012, Walikota Pontianak turut serta mencoba menyumpit dan melepaskan balon sebagai tanda Turnamen ini resmi digelar.

Dalam rangkaian acara pembukaan Internasional Borneo Sumpit Tournament (IboST) Kedua ini juga diisi dengan berbagai hiburan seperti penampilan Tari Sumpit yang dibawakan oleh Sanggar Borneo Tarigas, dan hiburan yang diisi oleh band lokal De Jong dan Tia AFI 2.
Tarian "Sumpit" yang dibawakan oleh Sanggar Borneo Tarigas

Menurut beberapa peserta Internasional Borneo Sumpit Tournament (IboST) yang kedua kali ini termasuk kurang meriah walaupun jumlah peserta yang ikut berpartisipasi mencapai 200 orang. Namun tahun kedua penyelenggaraannya ini juga diikuti oleh peserta dari luar pulau Kalimantan (Borneo), yakni ada Empat orang peserta dari Jogjakarta, berbekal biaya dari kantong sendiri mereka mantap mengikuti turnamen ini, setelah setahun sebelumnya juga ikut berpartisipasi di Kota Singkawang walau bukan sebagai peserta turnamen. Menurut salah seorang peserta dari Jogjakarta Boby Hasan, mereka belajar sumpit dari teman-teman yang berasal dari Kalimantan Barat yang ada di Jogjakarta.

Selain peserta dari Jogjakarta juga ikut berpartisipasi peserta dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan dari Malaysia (Sarawak) yang menurut seorang peserta bernama Nelsan George berjumlah lebih kurang 30 orang yang terbagi atas dua yakni dari klub sumpit Julau dan Sarawak Dayak Nation United.
Peserta dari Malaysia
Masih menurut Nelsan George mereka senang sekali datang ke Kota Pontianak terasa tidak seperti bertandang ke negeri orang, terasa seperti dinegeri sendiri, dan mendapat sambutan yang sangat baik serta masyarakatnya yang baik sangat, mereka juga senang sekali apabila suatu saat Internasional Borneo Sumpit Tournament dapat diadakan di Sarawak Malaysia.

Acara ini merupakan kerjasama Kementrian Pariwisata dan Ekononomi Kreatif dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat serta Dinas Pariwisata Kota Pontianak dalam upaya meningkatkan promosi pariwisata Kalimantan Barat dan pelestarian tradisi budaya sumpit sebagai cabang olahraga nasional serta kebudayaan nasional dan akan digelar mulai 5 Oktober hingga 7 Oktober 2012.(NA)

KATA NATALIUS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar