Selasa, 19 Maret 2013

Gunung Lokon Meletus, Tinggi Abu Vulkanik Capai 2 Km

(REUTERS/Stringer)
Abu vulkanik berwarna kelabu tertiup angin ke arah selatan.
Gunung Lokon di Kota Tomohon meletus, pagi tadi

VIVAnews - Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara menggeliat Rabu 20 Maret 2013, pukul 07.57 WITA. Setelah meletus, gunung itu menghembuskan abu vulkanik dengan ketinggian hingga 2 kilometer (km).
Abu ini kemudian tertiup angin sehingga condong ke arah selatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara berkoordinasi dengan sejumlah pihak kemudian membagikan masker bagi warga yang tinggal di dekat gunung Lokon.

"Untuk mengantisipasi warga terkena ISPA (infeksi saluran pernafasan atas) akibat abu vulkanik dari letusan gunung tadi pagi," kata Kepala BPBD Sulawesi Utara Hoyke Makarawung kepada VIVAnews.

Pos Pemantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Kota Tomohon memutuskan gunung ini masih berstatus Siaga III. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lanjut Hoyke, pihaknya mengimbau warga tidak beraktivitas di radius 2,5 km.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menambahkan, dentuman keras dari Lokon terdengar hingga radius 6 km. "Ketinggian abu sampai 2 km berwarna kelabu," jelasnya.

Dalam setahun terakhir, Gunung Lokon sudah meletus beberapa kali. Terakhir, Lokon meletus Februari lalu.

Sumber : viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar