Rabu, 06 Maret 2013

Portaledge Climbing, cara ekstrim menikmati adrenalin

Menikmati dan menantang adrenalin bagi sebagian orang adalah olahraga seperti paralayang, arum jeram, bungee jumping, dan skydiving namun ternyata ada olahraga yang lebih ekstrim dan menantang lagi dari olahraga penantang adrenaline seperti yang sudah disebutkan diatas tadi.
 
Olahraga tersebut adalah olahraga Portaledge Climbing, yakni sebuah olahraga atau cara untuk menikmati adrenaline sekaligus pemandangan dengan tenda sebagai alatnya.
Tenda yang mereka dirikan pun bukan ditempat biasa namun ditempat tinggi seperti tebing batu yang tegak dengan ketinggian ratusan meter, para pecinta Portaledge Climbing akan mendirikan tenda secara menggantung ditempat tersebut dan mulai menikmati keindahan dari sudut tebing yang tegak.

Gila, memang seperti itulah mereka hanya orang-orang bermental baja yang mampau melakukannya, karena ini jenis olahraga penantang adrenalin yang sangat beresiko maka jenis tenda keamanan lainnya penting untuk diterapkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Tenda yang digunakan adalah tenda khusus yang memiliki kekuatan dari berbagai goncangan dan suhu seperti panas hujan dan bahkan salju.  Tenda tersebut dinamakan dengan Portaledge, dirancang dengan cukup kuat agar bisa menopang dan menahan para penikmat climbing yang beristirahat didalamnya.

Sebagai sebuah tenda, Portaledge dikembangkan dari tahun 1950. Pada masa itu banyak para pemanjat tebing yang akan melakukan ekspedisi besar membutuhkan suatu tempat istirahat di sebuah tebing pada malam hari untuk istirahat secara aman dan nyaman sebelum kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Desain awal dan penggunaan pertama pun mulai dipakai dan diterapkan namun desain awal dari Portaledge belum memiliki kelengkapan keamanan yang cukup untuk para pemanjat tebing yang  akan melakukan ekspedisi.
 
Hingga akhirnya pada tahun 1980 ditemukanlah model Portaledge yang lebih aman dan kuat yakni sebuah Portaledge dengan sebuah tali yang cukup kuat dan kokoh serta dinamis  dapat disetel dengan berbagai keperluan.

Selain itu model Portaledge tahun 1980 yang menjadi cikal bakal Portaledge yang digunakan sekarang ini juga memiliki penutup tenda yang biasa disebut dengan Stormfly, hal ini sangat membantu dan membuat nyama para pemanjat tebing yang beristirahat didalamnya. Hingga akhirnya desain Portaledge saat itu menjadi standar pembuatan bagi Portaledge hingga saat ini.

Saat ini terdapat beberapa spot dan lokasi tempat melakukan Portaledge Climbing di berbagai dunia, seperti Himalaya, Antartika, dan California. Salah satu tempat yang menjadi favorit bagi pencinta dan pemburu olahraga adrenalin ini adalah Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat. Seringkali orang yang belum pernah merasakan dan melakukan Portaledge Climbing ini bertanya pada para penggemar Portaledge Climbing, dan jawaban yang mereka dapatkan adalah Portaledge Climbing merupakan sebuah olahraga yang memiliki sensasi yang luar biasa. Karena dapat menantang adrenalin sekaligus bersantai dan menikmati pemandangan menggantung dalam sebuah tenda yang berdiri ditempat yang sangat tinggi.

[images : 74fdc.wordpress.com
Sumber : www.oretz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar